28September, 2022

Tingkatkan Ketahanan Pangan,Dandim 0613 Ciamis Pimpin Tanam Jagung

Ciamis – TNI Angkatan Darat khususnya di wilayah Kodam III/Siliwangi melaksanakan penanaman jagung dalam rangka mendukung ketahanan pangan nasional. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh seluruh jajaran di Kodam III/Siliwangi.

Salah satunya seperti yang dilaksanakan oleh jajaran Kodim 0613/Ciamis bersama Pemerintah Daerah dan instansi daerah di Kabupaten Ciamis. Penanaman jagung ini tersebut dilakukan di lahan milik TNI-AD di Dusun Balemoyan Rw. 02, Desa Mekarjaya, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (3/8/2022).

Kegiatan penanaman di wilayah Kodim 0613/Ciamis dilakukan langsung oleh Komandan Kodim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, S.I.P., M.I.Pol., Kasdim 0613/Ciamis Mayor Arh Wilde dan jajaran Danramil Kodim 0613/Ciamis. Sementara dari instansi terkait tampak hadir, Sekmat Baregbeg H. Mamat, Anggota Polsek Ciamis, Dinas Pertanian, dan Kepala Desa Mekarjaya Elan Kuswaya dan elemen masyarakat serta warga Dusun Bale Moyan Desa Mekarjaya.

Di lokasi lahan pertanian milik TNI AD itu, Dandim 0613/Ciamis beserta rombongan melakukan video conference dengan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.I.P., dan Wamen Pertanian Harvick Hasnul Qolbi. Video conference ini menjadi tanda dilaunchingnya program TNI Dukung Ketahanan Nasional.

Saat video conference, Panglima Kodam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.I.P., menyampaikan, Penanaman jagung serentak ini dilaksanakan guna mendukung ketahanan pangan nasional. Kegiatan ini tentunya bekerjasama Kementerian Pertanian khususnya di Kodam III/SLW.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk memotivasi para petani dalam berkreatifitas menaman jagung, perawatan dan mendapatkan hasil panen jagung nantinya yang lebih maksimal,” tutur Pangdam saat Vicon bersama jajaran Kodam III/Siliwangi.

Sementara itu, Wakil Menteri Pertanian Republik Indonesia Harvick Hasnul Qolbi menyampaikan, memang tugas pokok TNI bukan dalam bidang pertanian, akan tetapi TNI punya program Hanpangan. Oleh karena itu dimohon bantuan dan kerjasama serta apresiasi dalam melaksanakan penanaman jagung serentak ini sehingga mendapatkan hasil yang baik.

“Kegiatan TNI yang seperti ini juga melibatkan masyarakat, oleh karena itu agar semua mensuport. Apabila ada kendala agar disampaikan kepada pemerintah, sehingga dalam pelaksanaan pengerjaan juga perawatan hingga panen tidak ada kendala,” katanya.

Komandan Kodim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, S.I.P., M.I.Pol., menambahkan, selaku jajaran dibawah sebagai prajurit tentunya patuh dan selalu siap menjalankan tugas yang diberikan pimpinan. Terlebih tugas yang dilaksanakan untuk kepentingan bangsa dan negara yaitu mendukung ketahanan pangan nasional.

“Selaku jajaran bawah, kami selalu implementasikan secara langsung perintah pimpinan terlebih menyangkut Bangsa dan Negara. Untuk itu mendukung ketahanan pangan nasional kami jajaran Kodim 0613/Ciamis melakukan penanaman jagung. Ini dilaksanakan dengan melibatkan warga sekitar dan instansi terkait sehingga hasilnya nanti dapat bermanfaat untuk rakyat,” katanya.(PendimCiamis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.