28September, 2022

Kodim Ciamis Gelar Tausyiah Agama dan Doa Bersama Peringati tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 Hiriyah.

Ciamis_ Dalam Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriyah, Kodim 0613/Ciamis menggelar Tausyiah Agama dan Doa Bersama yang dilaksanakan di Masjid Baitul Rahmah Walmalhamah Kodim 0613/Ciamis,Kertasari Kabupaten Ciamis Rabu (4/8/2022).

Peringatan 1 Muharram ini dilaksanakan dengan tema ‘Sebagai Momentum dalam Memaknai Hidup dengan Semangat Hijrah’.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Dandim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi beserta Kepala Staf Kodim Mayor Arh Wilde Pangalerang, Perwira Staf, Para Danramil jajaran serta Para Prajurit, PNS dan Pengurus Persit Kartika Candra Kirana Cabang XXV Dim 0613.

Dandim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi. S.I.P. M.I. Pol.,mengajak seluruh personel untuk selalu memperbaiki diri dengan mencontoh ketauladanan Rasulullah SAW dalam berbagai aspek kehidupan .

“Kita harus selalu berupaya berubah kearah yang lebih baik lagi. Dan Mari kita awali Tahun Baru Islam ini dengan meneladani yang sudah dicontohkan Rasulullah SAW agar kita menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa, sehingga seluruh tugas yang diberikan dan didasari dengan keikhlasan dapat dilaksanakan dengan baik,” tegasnya.

Dandim juga mengajak seluruh Keluarga Besar Kodim 0613/Ciamis agar selalu mengevaluasi diri serta selalu bersyukur atas diberikannya nikmat hidup dari Allah SWT.

Sementara pada Tausiyahnya H.Wasi Ijudin.M.S., menyampaikan ,perhitungan bulan Islam,tahun baru Hijriyah ini merupakan peringatan peristiwa bersejarah umat islam sebagai hari besar permulaan tahun.

Dijelaskan H. Wasi Ijudin.M.S, adapun yang menjadi titik balik atau tolak ukur diberlakukannya peringatan 1 Muharram sebagai tahun baru islam adalah merujuk kepada perjalanan Rasulullah Muhammad SAW ketika melakukan hijrah dari kota Mekkah ke Madinah sesuai perintah Allah SWT.

“Proses hijrahnya Nabi Muhammad SAW dan para sahabat mengandung banyak hikmah, di antaranya ialah setiap insan atau manusia dimasa sekarang diharuskan melakukan hijrah, atau berpindah dari satu keadaan menuju maqom atau tempat yang lebih baik, dalam arti proses berpindahnya sifat-sifat buruk menuju perbaikan kebaikan,” tuturnya.

Keutamaan peringatan 1 Muharram sebagai tahun baru islam, kata dia, mampu menghadirkan momentum berharga. Dan mendatangkan manfaat lahir batin bagi orang-orang yang berakal tidak hanya sekedar mengetahui sejarahnya saja melainkan mampu membawa i’tibar besar bagi umat.

Diakhir ceramah H. Wasi Ijudin.M.S mengatakan, momentum ini hendaklah kita banyak bermunajat kepada sang pencipta yaitu Allah SWT, dengan berbagai kegiatan seperti berpuasa, melakukan pengajian dan berdo’a agar dikaruniai hidup dan penghidupan yang lebih layak dunia dan akhirat,

“Dan tak jarang juga diberbagai sekolah termasuk pesantren-pesantren melakukan kegiatan pawai menyambut tahun baru islam yang patut disyukuri dan dirayakan dengan khidmat,” tutupnya.Pendim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.