28September, 2022

Serahkan Bantuan ke Berbagai Pihak, Pangdam III/Siliwangi Ikuti Doa Bersama dalam Rangka Hari Juang TNI AD DiMakodim Ciamis

Ciamis_Panglima Kodam (Pangdam) III/TSiliwangi, Mayjen TNI Agus subiyanto, S.E.M.Si,,beserta Kasdam III/Slw Brigjen TNI Darmono Susastro S.IP , Irdam III/Slw  Brigjen TNI Yanuar Adil ,Kapok Sahli Brigjen TNI Agus Supriyo Winarno,Danrem 062/TN  Kol Inf Kosasih SE ,para Asisten Kasdam III/Slw,para Kabalak Kodam III/Slw,Dandim 0613/Ciamis Letkol Czi Dadan Ramdani S.Sos, M.A.P,,para Veteran, anak yatim dan tokoh lintas agama mengikuti acara Doa Bersama dalam rangka Hari Juang TNI Angkatan Darat TA 2021.

Doa Bersama berlangsung di Aula Makodim  0613 Ciamis, Rabu (15/12/2021).

Kegiatan yang bertajuk Doa Untuk Negeri kali ini dilaksanakan melalui zoom meeting yang dihadiri langsung oleh Kasad, Jenderal TNI Dudung Abdurachman dari Mabesad, Jakarta.

Doa bersama ini juga diikuti seluruh Kotama jajaran TNI AD. Sementara Doa bersama di Kodim 0613/Ciamis, dipimpin oleh Habib Lutfi Bin Yahya didampingi oleh perwakilan dari lima agama.Sementara itu, segenap Kotama jajaran TNI AD di seluruh Indonesia mengikuti doa secara serentak di tempat masing-masing.

Kasad, Jenderal TNI Dudung Abdurachman dalam sambutannya mengatakan, Doa Bersama ini sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa serta kesempatan untuk mengenang kembali sejarah perjuangan TNI AD yakni peristiwa pertempuran Ambarawa sebagai tonggak sejarah peringatan Hari Juang TNI AD.”Serta bentuk penghormatan kepada pahlawan dan pendahulu kita dalam perjuanganya terhadap bangsa dan negara,” kata Kasad.

Selanjutnya juga mengatakan, peristiwa Palagan Ambarawa tanggal 15 Desember 1945 dipilih sebagai momen Hari Juang TNI AD bukan hanya didasarkan pada kemenangan gemilang yang diraih para pejuang saat itu, tetapi lebih dari itu.

Peristiwa Palagan Ambarawa merepresentasikan betapa pentingnya keterpaduan dan semangat juang dari seluruh komponen bangsa untuk bersama sama menghadapi tantangan berat yang menghadang di depan.

Menurut Kasad, peristiwa tersebut juga menunjukkan bahwa TNI AD tidak pernah berjuang sendiri.Sejarah membuktikan bahwa hanya bersama rakyat dan dengan dukungan dari seluruh komponen bangsa TNI AD akan kuat dan mampu menjalankan tugas-tugasnya dengan baik.

Kasad menyampaikan, peringatan hari Juang TNI AD kali ini merupakan momentum untuk intropeksi diri, untuk mengevaluasi perjalanan panjang yang telah dilalui sekaligus menetapkan komitmen untuk melakukan lebih baik di masa depan dalam melestarikan tradisi Angkatan Darat dalam rangka meningkatkan motivasi semangat jiwa kejuangan serta nasionalisme dan patriotisme dalam melaksanakan tugas dan tantangan ke depan.

“Perkembangan dan perubahan spektrum ancaman menuntut prajurit TNI memiliki karakter integritas dan moral dengan dilandasi oleh nilai – nilai perjuangan para Pahlwan bangsa,” ujar Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Untuk diketahui, pada peringatan Hari Juang TNI AD kali ini, Kodam III/Siliwangi memberikan bantuan dari Kasad berupa renovasi rumah layak huni kepada Veteran TNI AD, serta santunan kepada para anak yatim. Bantuan dan santunan tersebut diserahkan langsung oleh Pangdam III/Siliwangi saat acara Do’a Bersama. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.